YPIA gelar seminar nasional di NTB

id YPIA gelar seminar nasional di NTB

YPIA gelar seminar nasional di NTB

Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) menggelar seminar nasional di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu, yang diikuti 500 orang peserta dari kalangan auditor internal instansi pemerintah, perusahaan negara dan swasta. (Seminar nasion

"Semua itu akan terwujud apabila sistim pengawasan dari auditor dilaksanakan sesuai kompetensi dan standar yang berlaku, karena maju dan berkualitasnya kinerja suatu instansi akan sangat ditentukan peran auditor sangat penting, jadilah auditor yang b
Mataram (Antara Mataram) - Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) menggelar seminar nasional di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu, yang diikuti 500 orang peserta dari kalangan auditor internal instansi pemerintah, perusahaan negara dan swasta.

Seminar nasional yang juga dihadiri auditor internal dari negara tetangga Timor Leste itu dibuka oleh Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi.

YPIA merupakan lembaga pendidikan yang ditugaskan oleh negara untuk mendidik tenaga-tenaga auditorial yang memiliki kemampuan bagi pengawasan baik itu instansi pemerintah maupun swasta.

Ketua YPIA Sugiarto Saroso melaporkan, pada usia ke-17 YPIA telah mewisuda 3.394 orang yang telah mengikuti seleksi kemampuan akademik, kemampuan analisa sehingga memiliki berstandar internasional.

Menurut dia, Pemprov NTB dalam dua tahun terakhir mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) pada Laporan Keuangan Pemerintah (LKP), merupakan bukti para auditor bekerja dengan standar pelayanan yang akuntabel yang baik.

"Untuk itu, kedepan kami akan mengikutsertakan jajaran Pemprov NTB untuk mengikuti Pendidikan yang diselenggarakan YPIA sebagai prioritas utama yang menurut kami sangat penting dan strategis bagi kemajuan pembangunan di daerah NTB," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, mengatakan, salah satu misi dan program utama Pemprov NTB adalah meningkatkan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel.

"Semua itu akan terwujud apabila sistim pengawasan dari auditor dilaksanakan sesuai kompetensi dan standar yang berlaku, karena maju dan berkualitasnya kinerja suatu instansi akan sangat ditentukan peran auditor sangat penting, jadilah auditor yang berkompetensi," ujarnya dihadapan ratusan auditor internal itu.

Menurut Zainul, auditor internal disetiap lembaga, baik lembaga profit maupun non profit, berperan strategis sebagai mata dan telinga perusahaan. kinerja perusahaan, dapat dilihat dari kinerja auditor internalnya. semakin kompeten dan profesional kinerja auditor internal, mencerminkan kondisi suatu lembaga.

Auditor internal memegang kendalai dalam pencapaian tujuan perusahaan dengan cara memberi evaluasi dan peningkatan efektivitas pengendalian intern perusahaan, dengan memberikan catatan atas kekurangan yang ditemukan.

Rekomendasi yang dikeluarkan oleh auditor internal, menjadi catatan berharga bagi setiap lembaga, untuk memperbaiki kesalahan serta meningkatkan performa lembaga. karena itu, auditor internal, dituntut untuk memiliki kompetensi dan profesionalisme terhadap profesinya.

Auditor internal yang profesional dan kompeten merupakan jaminan akan kelangsungan suatu lembaga.

Seiring perkembangan zaman dan standar profesi auditor, auditor internal dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi diri dengan sertifikasi profesi.

Yayasan penddidikan internal audit, berperan besar untuk terus mendorong peningkatan kompetensi dan kualitas para auditor internal, serta mendorong dikembangkannya peran auditor internal di masyarakat.

Kinerja auditor internal yang prima, diyakini akan menghasilkan profit bagi lembaga dan dari profit tersebut, lembaga dapat berkontribusi kepada masyarakat dan pada akhirnya mampu berkontribusi pada dunia.

"Dalam konteks tersebut, saya berharap seminar nasional ini, dapat menghasilkan berbagai rekomendasi yang mampu mempercepat pencapaian tujuan serta mendorong peningkatan kinerja auditor internal secara keseluruhan," ujar Zainul. (*)