KPU NTB gelar pleno rekapitulasi penghitungan suara

id KPU NTB gelar pleno rekapitulasi penghitungan suara

KPU NTB gelar pleno rekapitulasi penghitungan suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar pleno terbuka dengan agenda rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD, 9 April 2014. (Pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara)

"Pleno rekapitulasi ini akan berlangsung selama dua hari yakni Rabu dan Kamis," kata Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansori.
Mataram (Antara Mataram) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar pleno terbuka dengan agenda rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD, 9 April 2014.

"Pleno rekapitulasi ini akan berlangsung selama dua hari yakni Rabu dan Kamis," kata Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansori, di sela-sela pleno rekapitulasi, di Mataram, Rabu.

Pleno rekapitulasi itu disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB, dan pimpinan atau perwakilan parpol peserta pemilu serta para calon anggota DPR, DPD, dan DPRD Provinsi NTB.

Aksar mengatakan, rekapitulasi hasil penghitungan suara itu digelar setelah KPU di sepuluh kabupaten/kota dalam wilayah NTB merampungkan rekapitulasinya pada Selasa (22/4).

KPU di tiga dari sepuluh kabupaten/kota di wilayah NTB lebih dulu merampungkan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Minggu (20/4), yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Sumbawa.

Tujuh kabupaten/kota lainnya yakni Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima, dirampung pada Senin (21/4) dan Selasa (22/4).

"Kalau merujuk pada pada jadwal mestinya mulai 22 April rekapitulasi di tingkat provinsi, namun ada keterlambatan di tingkat kabupaten/kota, sehingga baru hari ini dapat dilaksanakan," ujarnya.

Pleno rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi NTB itu berlangsung di aula Hotel Grand Legi di Mataram, yang dijaga ketat aparat kepolisian.

Hanya, pihak yang berkepentingan langsung yang dibolehkan masuk dalam ruang pleno KPU NTB itu.

Kapolda NTB Brigjen Pol Moechgiyarto, juga memantau langsung pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara itu.

Pemungutan suara pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD di wilayah NTB berlangsung pada 12.020 TPS, yang menyebar di 1.137 desa/kelurahan pada sepuluh kabupaten/kota.

Sesuai jadwal, tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu legislatif di tingkat KPU pusat akan digelar 26 April sampai 6 Mei 2014.

Penetapan hasil pemilu secara nasional dijadwalkan 7-9 Mei 2014, kemudian penetapan partai politik memenuhi ambang batas (PT) tiga persen.

Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih tingkat nasional hingga kabupaten/kota dijadwalkan 11 Mei- 18 Mei, dan peresmian keanggotaan DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dijadwalkan Juni sampai September 2014.

Pengucapan sumpah dan janji anggota terpilih DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, dijadwalkan Juli sampai Oktober 2014. (*)