Siswa Mataram Duta NTB Lomba Sains Nasional

id Lomba Sains Nasional

Empat siswa dari MA ini berasal dari MAN 2 Mataram, dan satunya merupakan perwakilan dari MA Abu Hurairah
Mataram,  (Antara)- Sebanyak delapan siswa madrasah di Kota Mataram berhasil menjadi duta Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam lomba kompetensi sains tingkat nasional di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam yang ditemui usai pelepasan siswa oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh di Mataram, Selasa, mengatakan delapan siswa itu terdiri atas dua orang perwakilan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Karang Baru untuk cabang sains matematika dan IPA.

Sementara, satu siswa perwakilan dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Mataram untuk cabang lomba matematika. Lima siswa lainnya merupakan perwakilan Madrasah Aliyah (MA) untuk lomba sains cabang biologi, fisika, kimia, ekonomi dan geografi.

"Empat siswa dari MA ini berasal dari MAN 2 Mataram, dan satunya merupakan perwakilan dari MA Abu Hurairah," katanya.

Ia mengatakan, delapan siswa tersebut akan mengikuti lomba pada 24-29 Agustus. Sebelumnya mereka telah mengikuti lomba sains tingkat Provinsi NTB dan Kota Mataram dan berhasil menjadi juara umum.

"Untuk itu, kami berharap siswa-siswa ini juga mampu menoreh prestasi di tingkat nasional dan menjadi juara umum seperti duta-duta tahun 2013," katanya.

Menurutnya, pada lomba sains tahun 2013 di Kota Malang, Jawa Timur, empat siswa perwakilan Kota Mataram juga berhasil menjadi juara I di tingkat nasional.

Sementara itu dalam pelepasan delapan duta Kota Mataram, wali kota memberikan apresiasi karena delapan siswa madrasah tersebut mampu membuktikan kemampuannya dalam bidang sanis.

"Artinya, prestasi dan kemampuan siswa di madrasah tidak kalah dengan prestasi siswa di sekolah umum," katanya.

Hal ini tentu memberi motivasi bagi siswa-siswa lainnya untuk terus belajar dan berprestasi.

Di sisi lain, wali kota berpesan kepada duta Kota Mataram agar bertanding secara sportif dan tetap menjaga kesehatan sehingga bisa bertanding dengan maksimal dan mampu mengharumkan nama daerah pada tingkat nasional.