Pemenang Kompetisi Sains Madrasah dapat Bonus

id Kompetisi Sains

"Bonus ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah sekaligus memberi motivasi bagi siswa madrasah lainnya agar lebih tekun belajar dan meraih prestasi
Mataram,  (Antara)- Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh memberikan bonus kepada enam orang duta Kota Mataram yang berhasil menjadi juara dalam lomba kompetensi sains madrasah tingkat nasional di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Bonus ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah sekaligus memberi motivasi bagi siswa madrasah lainnya agar lebih tekun belajar dan meraih prestasi," katanya dalam acara pemberian bonus dan pelepasan 11 peserta lomba Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) ke-5 di Provinsi Jambi, di Mataram, Jumat.

Bonus bagi enam siswa madrasah itu akan diberikan langsung kepada pemenang melalui Kantor Kementerian Agama Kota Mataram dengan total bonus sebesar Rp11,5 juta.

Rinciannya, juara I mendapat bonus Rp2,5 juta, juara II Rp2 juta, dan juara III Rp1,5 juta.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam mengatakan, dari delapan orang siswa Kota Mataram yang mengikuti lomba kompetensi sains madrasah, enam di antaranya berhasil menjadi juara tingkat nasional di Makassar.

"Peserta telah mengikuti lomba pada 24-29 Agustus 2014, dan petang ini dijadwalkan tiba di Mataram. Kami segera akan menyampaikan kabar gembira ini kepada peserta," katanya.

Menurutnya, enam siswa madrasah yang berhasil menjadi juara dalam kompetensi sains madrasah tingkat nasional yaitu untuk tingkat madrasah aliyah juara II lomba sains biologi dan fisika, satu orang mendapat juara III untuk mata pelajaran kimia.

Sedangkan tingkat madrasah tsanawiyah juga berhasil meraih juara II untuk matematika dan biologi, sedangkan untuk tingkat madrasah ibtidaiyah berhasil mendapat juara II untuk mata pelajaran matematika.

"Keberhasilan ini merupakan bukti bahwa sekolah madrasah tidak kalah dengan sekolah umum dalam bidang sains," katanya.

Dikatakannya, saat ini Kota Mataram memiliki 63 madrasah, terdiri atas 16 madsarah aliyah, 23 madrasah tsanawiyah dan 24 madrasah ibtidaiyah.

"Rata-rata kualitas dan sarana penunjang di madrasah negeri maupun swsata di Kota Mataram sudah baik dan berkembang. Hal ini terbukti dengan munculnya siswa-siswa berprestasi di madrasah itu," katanya.