Mataram raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

id Kota Mataram

Dalam proses penilaian, tim penilai yang berasal dari Kementerian Perhubungan memberikan penilaian yang cukup baik dan Kota Mataram masuk kategori kota sedang
Mataram,  (Antara)- Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha 2014 yang telah diterima pada Rabu (10/9) dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat Soeroyo Alimoeso di Jakarta.

Pengahargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) diterima oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mataram H Khalid mewakili Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh bersama 65 kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

H Khalid yang ditemui saat menyerahkan pelakat dan sertifikat penghargaan WTN kepada wali kota, Senin, mengatakan penghargaan yang diberikan Kementerian Perhubungan kepada pemerintah daerah karena dinilai berhasil melakukan penataan terhadap kondisi lalu lintas dan angkutan kota di wilayah masing-masing.

Penghargaan tersebut menjadi acuan atau tolok ukur kemajuan Kota Mataram di sektor perhubungan, baik dari transportasi, budaya keamanan di jalan, maupun keselamatan para pengendara

Ia mengatakan, tahun 2014 merupakan tahun pertama keikutsertaan Kota Mataram dalam penilaian WTN. Adapun beberapa titik penilaian yang dilakukan di antaranya infrastruktur jalan, rambu lalu lintas, "traffict light", fasilitas terminal, serta pengujian kendaraan bermotor.

"Dalam proses penilaian, tim penilai yang berasal dari Kementerian Perhubungan memberikan penilaian yang cukup baik dan Kota Mataram masuk kategori kota sedang," katanya.

Menurutnya, dengan fasilitas perhubungan yang cukup memadai di Kota Mataram, berdampak pada penurunan angka kecelakaan lalu lintas, serta keamanan dan kenyamanan para pengendara.

"Oleh karena itu, penghargaan ini menjadi motivasi sekaligus evaluasi dalam upaya peningkatan infrasuktur perhubungan darat," katanya.

Di sisi lain, ia berharap, dengan adanya penghargaan itu pemerintah bisa memberikan penilaian dan pertimbangan khusus dalam memberikan dukungan dana melalui dana alokasi khusus (DAK).

Sementara itu, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengingatkan jajaran Dishubkominfo untuk terus meningkatkan kualitas sistem pelayanan lalu lintas bersama-sama dengan aparat kepolisian.

"Penghargaan ini harus bisa memberi semangat dan motivasi dalam upaya peningkatan pelayanan khususnya bidang perhubungan darat," katanya.