Panjat Tebing - 20 Negara ikuti Kejuaraan di NTB

id Panjat tebing

Panjat Tebing - 20 Negara ikuti Kejuaraan di NTB

Ilustrasi - Olah raga panjat tebing (Ist)

Jadi para pemanjat yangakan mengikuti kejuaraan ini antara 100 hingga 150 orang, bahkan yang akan ikut ini merupakan pemanjat kelas dunia
Mataram,  (Antara) - Para pemanjat dari 20 negara direncanakan akan mengikuti kejuaraan panjat tebing "Asian Championship" di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 1-3 Oktober 2014.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) NTB Chaerul Machsul di Mataram, Rabu mengatakan ke-20 negara itu terdiri dari negara-negara di kawasan Asia dan Eropa.

"Jadi para pemanjat yangakan mengikuti kejuaraan ini antara 100 hingga 150 orang, bahkan yang akan ikut ini merupakan pemanjat kelas dunia," katanya menjelaskan.

Ia menjelaskan bahwa para juri yang akan melakukan penilaian dalam kejuaraan tersebut berasal dari beberapa negara, seperti Malaysia, Taiwan, dan Jepang.

"Para wasit ini orang yang sudah memiliki sertifikat internasional," ujar dia.

Sementara itu, sebagai tuan rumah, Indonesia, kata Chairul Machsul, akan menurunkan sebanyak 20 pemanjat. Bahkan dari 20 atlet yang mengikuti kejuaraan untuk membela nama baik Indonesia di ajang tersebut, dua di antaranya berasal dari NTB.

"Mereka ini masuk setelah mendapat wild card," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa para pemanjat asal Indonesia tersebut, baik putra maupun putri nantinya akan mengikuti seluruh kategori yang dilombakan, antara lain lead, speed, dan boarder. Oleh karena itu diharapkan dengan 20 pemanjat tersebut nama Indonesia menjadi lebih terangkat.

"Kedua pemanjat dari NTB yang akan mewakili Indonesia tersebut, adalah Joni Kasto dan Azlam," kata Chairul Machsul.

Selain itu, ia memastikan bahwa NTB sebagai tuan rumah sudah seluruhnya siap, baik dari sisi lokasi lomba maupun untuk peralatan yang akan digunakan.

"Bahkan alat yang kami datangkan ini diberikan melalui FPTI di Jakarta," ucapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa sebelum turun bertanding para pemanjat kelas dunia itu akan diajak untuk menikmati panorama alam di Pulau Lombok.