Wisatawan Asing ramai Kunjungi Tiga Gili NTB

id Gili NTB

Wisatawan Asing ramai Kunjungi Tiga Gili NTB

Gili Trawangan (Ist)

Rata-rata setiap harinya tercatat 250 orang wisatawan asing yang berkunjung ke tiga gili yang berada di Kabupaten Lombok Utara (KLU) itu
Mataram, 17/10 (Antara) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat, M Nasir mengatakan, tiga gili atau pulau kecil di daerah itu semakin ramai dikunjungi turis sejumlah negara seperti Australia, Inggris, Jerman, Jepang, Korea dan Belanda.

"Rata-rata setiap harinya tercatat 250 orang wisatawan asing yang berkunjung ke tiga gili yang berada di Kabupaten Lombok Utara (KLU) itu," kata Nasir di Mataram, Jumat.

Tiga Gili tersebut, yakni Gili Terawangan, Gili Meno dan Gili Air dengan luas masing-masing sekitar 35 hektare menjadi salah satu andalan objek wisata NTB terutama bagi wisatawan mencanegara.

Dia mengatakan, wisatawan asing sangat senang datang ke gili-gili di NTB, di samping pantainya bersih juga aman dan setiap gili memiliki daya tarik tersendiri seperti keberadaan karang biru di gili Terawangan serta ikan hias.

Bahkan konon katanya, di dunia ada dua tempat yang memiliki karang biru (blue coral) yakni di Karibia dan di Gili Meno, NTB.

Untuk menuju tiga gili itu, wisatawan harus naik kapal motor atau sampan yang pangkalannya berada di Desa Bangsal dengan membayar tiket Rp10.000 hingga Rp15.000 per orang untuk sekali jalan.

Menjawab pertanyaan, apakah ketiga gili tersebut khusus untuk wisatawan asing, dia menjelaskan tidak, siapa saja bisa berkunjung ke tiga gili itu termasuk wisatawan domestik dan lokal.

Wisatawan domistik atau lokal ramai berkunjung ke tiga gili pada waktu-waktu tertentu terutama setelah Hari Raya Idul Fitri untuk bersantai mulai dari pagi hingga sore hari dan jarang yang menginap.

"Wisatawan lokal yang datang ke gili kebanyakan berasal dari Lombok Barat, Kota Mataram, Lombok Timur dan Lombok Tengah," demikian Nasir. ***3***

(KR-NKL)

(T.KR-NKL/B/T007/T007) 17-10-2014 17:53:58