Pemkot Mataram terima "Master" soal Tes CPNS

id Master CPNS

Semua persiapan sudah rampung, tinggal melaksanakan tes saja. Sebelum tes peserta terlebih dahulu akan mendapat pengarahan dari tim sebelum masuk ke ruang server sistem CAT (Computer Assisted Test)
Mataram,  (Antara)- Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu, telah menerima "master" soal tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014 dari Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara (BKN) Denpasar dalam bentuk "compact disc".

"Master" soal tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram HL Makmur Said di SMK Negeri 3 Mataram sebagai lokasi pelaksanaan tes CPNS 2014 di Mataram.

Kepada sejumlah wartawan usai serah terima "master" soal yang masih bersegel tersebut, Sekda mengatakan, dengan telah diterimanya "master" soal ini, maka persiapan kegiatan tes CPNS sudah hampir rampung.

"Semua persiapan sudah rampung, tinggal melaksanakan tes saja. Sebelum tes peserta terlebih dahulu akan mendapat pengarahan dari tim sebelum masuk ke ruang server sistem CAT (Computer Assisted Test)," katanya.

Menurutnya, tiga orang tim dari Kantor Regional X BKN Denpasar juga telah mencoba untuk membuka "master" soal pada server yang ada tentunya dengan menggunakan kata kunci masing-masing petugas.

Tiga petugas itu memiliki tugas berbeda dengan kata kunci yang berbeda-beda juga. Tugas dari tiga petugas BKN Denpasar itu , ada yang bertugas memasukkan "master" soal ke server, mengeluarkan aplikasi dan membungkus kembali "master" soal.

"Para petugas dari BKN ini akan berada selama 11 hari pelaksanaan tes CPNS berlangsung, sebab merekalah yang nantinya akan membawa kembali `master` soal itu," katanya.

Ia mengatakan, kendati "master" soal sudah dicoba untuk dibuka oleh petugas, namun tidak dapat menampilkan isi soal-soal tes CPNS sebanyak 120 ribu soal, karena yang dapat membuka "master" soal itu hanya para peserta dengan kode tertentu yang dimiliki masing-masing peserta.

Dengan demikian, soal antara satu peserta tidak sama, karena peserta mengacak sendiri soal-soal yang ada di bank soal.

"Oleh karena itu, peserta harus pandai-pandai memainkan `mouse`, sebab dalam menjawab diperlukan kecepatan memainkan `mouse`," katanya.

Dia mengatakan, kendati soal yang ada di bank soal sebanyak 120 ribu, namun peserta hanya menjawab 100 soal dari tiga jenis tes, yakni tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes karakteristik pribadi, dengan waktu yang disediakan selama dua jam.

Kegiatan tes akan dimulai pada 23 Oktober hingga 2 November 2014. Tes akan tetap dilaksanakan kendati jatuh pada hari libur Sabtu dan Minggu.

Dikatakannya, kegiatan tes akan dilakukan selama 11 hari, dengan ketentuan satu hari terbagi menjadi empat "shift", atau satu "shift" 50 peserta.