Kota Mataram gelar "Pesta Wirausaha ASEAN"

id Wirausaha ASEAN

Kegiatan ini akan diadiri 400 hingga 500 peserta dari negara-negara anggota ASEAN dan perwakilan 33 kota di Indonesia yang memiliki `komunitas tangan di atas` (TDA)
Mataram,  (Antara)- Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar "Pesta Wirausaha ASEAN" pada 28-30 November 2014 untuk membangun semangat wirausaha di kalangan generasi muda.

"Kegiatan ini akan diadiri 400 hingga 500 peserta dari negara-negara anggota ASEAN dan perwakilan 33 kota di Indonesia yang memiliki `komunitas tangan di atas` (TDA)," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan, untuk melaksanakan "Pesta Wirausaha ASEAN", Pemerintah Kota Mataram bekerja sama dengan Komunitas TDA, bahkan rekan pengusaha TDA dari Turki sudah menyatakan siap hadir dalam kegiatan itu.

Dikatakannya, "Pesta Wirausaha ASEAN" bertujuan bagaimana membangun semangat wirausaha di kalangan generasi muda, kemudian membangun jejaring kewilayahan bukan hanya di Indonesia tetapi juga jejaring di ASEAN dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015.

"Dengan demikian, kesiapan pengusaha dan calon pengusaha lokal terkait diberlakukannya MEA 2015 sudah relatif lebih baik, sehingga kemungkinan akan dikeluarkan `Deklarasi Mataram` sebagai komitmen para wirausahawan untuk mendukung pemberlakukan pasar bebas tersebut," katanya.

Menurutnya, beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam "Pesta Wirausaha ASEAN" antara lain "welcome dinner" sekaligus pembukaan acara di Pendopo Wali Kota Mataram pada Jumat malam (28/11).

Selanjutnya, Sabtu (29/11) akan digelar seminar, lokakarya, pameran dan sesi diskusi tentang MEA, yang akan menghadirkan para pembicara dari negara-negara ASEAN, dan pengusaha sukses dari Mataram atau NTB secara umum.

"Kami juga akan menghadirkan sekitar 150 orang pengusaha sukses lokal yang akan memberikan pengalamannya dalam membangun usaha mereka," katanya.

Dia mengatakan, dalam sesi diskusi itu, para pengusaha akan menyampaikan kisah suksesnya kemudian akan memberikan motivasi kepada peserta agar mereka tergerak membangun kewirausahaan.

Kegiatan itu juga akan dilengkapi dengan sesi motivasi yang akan diberikan khusus kepada calon pengusaha di Kota Mataram oleh pengusaha-pengusaha sukses di daerah ini.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari target pencapaian 5.000 wirausaha baru di Kota Mataram," katanya.