Biaya Pemeliharaan PDAM Meningkat akibat Perbaikan Jalan

id PDAM

Angkanya akan kita rekapitulasi akhir tahun, tetapi jika melihat kondisi saat ini, trennya meningkat
Mataram,  (Antara) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang memprediksi akan terjadi peningkatan biaya pemeliharaan sekitar 30 persen akibat adanya perbaikan dan pelebaran sejumlah jalan protokol di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Angkanya akan kita rekapitulasi akhir tahun, tetapi jika melihat kondisi saat ini, trennya meningkat," kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang Mataram H Lalu Ahmad Zaini di Mataram, Kamis.

Zaini yang ditemui di Kantor Wali Kota Mataram mengatakan, pemeliharaan instalasi jaringan air minum akibat perbaikan jalan ini tidak pernah direncanakan sebelumnya, namun perbaikan harus dilakukan agar tidak menganggu proses pelayanan.

Diakuinya, tidak ada sebuah kegiataan yang tidak menimbulkan dampak, sehingga dampak itulah yang harus diminimalkan agar masyarakat tidak merasa dirugikan.

"Dampak kurangnya pelayanan distribusi air bersih tentu dirasakan oleh pelanggan di sekitar lokasi perbaikan jalan, tetapi kami harus berusaha untuk meminimalkan dampak tersebut dengan melakukan pemeliharaan instalasinya," ujarnya.

Ia mengatakan, hampir setiap hari pihaknya menerima keluhan akibat kebocoran pipa yang disebabkan kurang hati-hatinya para pekerja melakukan proses pengerjaan jalan.

"Seperti di Jalan TGH Faisal Sweta, Jalan Energi, Jalan Saleh Sungkar dan Jalan Bung Karno. Akibatnya pelayanan masyarakat terhadap air bersih menjadi terganggu," ujarnya.

Namun demikian, sampai saat ini pihak PDAM belum dapat melakukan kalkulasi terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat pengerjaan jalan itu, karena proses pengerjaan jalan masih berlangsung.

"Kami bangga dengan kegiatan pelebaran jalan di Kota Mataram, tapi prihatin karena dalam pelaksanaanya pipa PDAM di sana-sini bocor," katanya.

Ia mengatakan, untuk mencegah terjadinya gangguan pelayanan kepada pelanggan PDAM serta menekan kerugian akibat kerusakan instalasi air, pihaknya berharap para pelaksana program bisa memberikan arahan kepada pekerjanya untuk lebih berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya.

Dikatakannya jumlah pelanggan PDAM Giri Menang hingga Oktober 2014 sebanyak 97.475 terdiri atas pelanggan Kota Mataram 61.253 dan Kabupaten Lombok Barat 36.222 pelanggan.