Peserta Wirausaha Asia Tenggara tiba di Mataram

id Wirausaha Asia Tenggara

Sebanyak 75 peserta itu sekitar 60 orang lebih dari dalam negeri dan 13 peserta dari lima negara di Asia Tenggara termasuk Malaysia yang mengutus pembicaranya Datok Seri Syed Zaenal Abidin dan M Nur
Mataram,  (Antara)- Lebih dari 75 orang peserta "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" sudah tiba di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, untuk mengikuti kegiatan pada 28-30 November 2014 yang diawali dengan pembukaan pada Jumat (28/11) malam.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, mengatakan, sebanyak 75 peserta itu sekitar 60 orang lebih dari dalam negeri dan 13 peserta dari lima negara di Asia Tenggara termasuk Malaysia yang mengutus pembicaranya Datok Seri Syed Zaenal Abidin dan M Nur.

Selain itu, Umar Munshi dari Singapura, Ismalil Gurgen dan Rifft Hufse dari Turki, serta Cung Deuk Yaong, Kim Mi Hyang dan Lucia dari Korea Selatan serta Paul Rivera dari Filipina.

"Sementara perwakilan dari Jepang, Vietnam dan beberapa negara lainnya dijadwalkan tiba pada Jumat siang," katanya.

Dia mengatakan, saat ini para peserta dan pembicara itu berada pada sejumlah hotel di Kota Mataram dan akan mengikuti acara "welcome dinner" di Pendopo Wali Kota Mataram sekaligus pembukaan kegiatan "Pesta Wirausaha Asia Tenggara".

"Bahkan direncanakan wali kota akan mendapatkan "anugerah tangan di atas (TDA) award" dari Presiden TDA Indonesia," katanya.

Menurutnya, "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" akan diikuti sekitar 400 orang hingga 500 orang peserta, terdiri atas pelaku usaha dan calon pelaku usaha sebanyak 230 orang.

Mitra kerja usaha dari 10 negara ASEAN sejumlah 50 orang termasuk di dalamnya utusan dari Turki. Selain itu akan diikuti 120 orang dari pengurus komunitas TDA se-Indonesia.

Menurutnya, setelah kegiatan "welcome dinner", "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" akan dirangkaikan dengan beberapa agenda acara yakni diskusi panel, seminar, "workshop", "city tour" dan pameran.

Martawang mengatakan, "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" bertujuan untuk meningkatkan semangat kewirausahaan di kalangan pelaku usaha, khususnya generasi muda di Kota Mataram.

Selain itu, meningkatkan kapabilitas dan kapasitas usaha pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Mataram, serta memberikan pemahaman yang sama teradap peluang dan tantangan atas diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Tujuan lain diharapkan terbangunnya jaringan usaha antara pelaku usaha di Kota Mataram dan Pemerintah Kota Mataram dengan mitra usaha di negara-negara ASEAN yang dituangkan dalam kesepakatan tertulis.