NTB bagikan 15.950 Quran gratis bagi Masjid

id Pemprov NTB

Pemberian Al-Quran secara gratis itu diharapkan dapat membantu masjid, mushalla, taman pendidikan quran (TPQ), dan pondok pesantren dalam syiar Islam dan memperkaya ilmu-ilmu Al-Quran di lingkungannya
Mataram,  (Antara) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat membagikan sebanyak 15.950 ribu Al-Quran secara gratis bagi sejumlah masjid, mushalla, taman pendidikan Al-Quran, dan pondok pesantren di daerah itu.

"Pemberian Al-Quran secara gratis itu diharapkan dapat membantu masjid, mushalla, taman pendidikan quran (TPQ), dan pondok pesantren dalam syiar Islam dan memperkaya ilmu-ilmu Al-Quran di lingkungannya," kata Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Setda NTB H Suhaimi di Mataram, Jumat.

Menurut dia, dana pengadaan pembuatan Al-Quran tersebut berasal dari APBD Perubahan tahun 2014 sebesar Rp1,3 miliar, namun pengadaan dilakukan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemprov NTB.

"Kami hanya menerima jadi (berbentuk barang), kemudian mendistribusikan ke seluruh masjid, mushalla, TPQ, dan pondok pesantren," ujarnya.

Ia mengatakan Al-Quran yang dibagikan pada masjid, mushalla, TPQ, dan pondok pesantren tersebut memiliki logo khusus dengan sampul utama menampilkan Islamic Center dan terdapat kata pengantar Gubernur NTB TGH Zainul Majdi.

Namun, kata dia, tidak semua masjid, ataupun mushalla, TPQ, dan pondok pesantren di daerah itu yang mendapatkannya pada tahun 2014 ini, sebab jumlahnya masih sangat terbatas.

"Itu baru pertama kita adakan untuk pemberian Al-Quran secara gratis, maka bagi yang belum akan diberikan kembali pada tahun 2015," jelasnya.

Untuk sementara, setiap masjid ataupun mushalla akan diberikan masing-masing 10 Al-Quran, sedangkan untuk TPQ dan pondok pesantren kemungkinan akan dibagikan lebih dari jumlah itu sesuai jumlah santrinya, walaupun tidak secara keseluruhan.

"Saat ini seluruh Al-Quran sudah ada di Kantor Gubernur NTB dan siap untuk dibagikan kepada masjid, mushalla, TPQ, dan pondok pesantren," tambahnya.

Dalam distribusinya, Pemprov NTB tidak menggunakan kriteria khusus, karena diharapkan seluruh masjid, musholla, TPQ, dan pondok pesantren di daerah ini akan menerima bantuan Alquran tersebut.

"Tidak ada kriteria khusus, karena semua masjid yang ada di seluruh NTB akan kita bagikan secara merata, hanya saja kalaupun belum tahun ini akan kita bagikan kembali pada tahun 2015, sebab pengadaan Al-Quran ini sifatnya berkelanjutan," katanya.