Legislator Tidak Puas dengan Menteri Bidang Ekonomi

id Willgo Zainar

"Terkait kinerja menteri bidang ekonomi, secara umum DPR tidak puas"
Lombok Tengah, (Antara NTB) - Anggota Komisi XI DPR dari Partai Gerindra H Willgo Zainar mengaku tidak puas dengan kinerja para menteri bidang perekonomian karena kondisi ekonomi Indonesia saat ini terpuruk.

"Terkait kinerja menteri bidang ekonomi, secara umum DPR tidak puas," katanya di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Anggota Badan Anggaran DPR itu juga menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun tidak puas dengan kabinetnya.

Willgo melihat Kabinet Kerja di bawah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla masih kurang koordinasi. Masing-masing menteri bidang ekonomi terkesan jalan sendiri, sehingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga tidak terlalu diberdayakan.

"Semestinya ada koordinasi. Demikian juga Presiden sebagai pimpinan tertinggi segera menyinkronkan program antarkementerian dan lembaga untuk satu tujuan bagaimana meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Ia mengatakan dirinya tidak menginginkan Indonesia masuk pada satu kondisi ekonomi yang lebih sulit ke depannya. Apalagi tekanan ekonomi global semakin kuat.

"Kami tidak bahagia dengan kondisi ekonomi saat ini, harga-harga kebutuhan pokok naik, Rupiah terpuruk, pendapatan rakyat menurun, tentu ini berimplikasi terhadap kemiskinan dan pengangguran. Ini sangat paradoks, pemerintah harus segera ambil kebijakan tepat," ucap Willgo.

Anggota DPR RI daerah pemilihan NTB itu menyarankan kepada Presiden Jokowi untuk memasang menteri, khususnya bidang ekonomi yang mempunyai pengalaman kuat, sehingga masalah bangsa bisa dicarikan solusi terbaik.

"Saya berharap pak Jokowi memilih kabinet yang profesional di bidangnya, sebagaimana janji politiknya. Jangan kabinetnya, kabinet `training` atau coba-coba, yang ujung-ujungnya menyengsarakan rakyat," kata Willgo.  (*)