Polda NTB Imbau Masyarakat Gunakan Kunci Ganda

id Polda NTB

"Kunci ganda ini penting untuk mempersulit para pelaku kejahatan melakukan aksi pencurian"
Mataram, (Antara NTB) - Polda Nusa Tenggara Barat mengimbau masyarakat untuk menggunakan kunci ganda sehubungan dengan maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor.

"Kunci ganda ini penting untuk mempersulit para pelaku kejahatan melakukan aksi pencurian," kata Kapolda NTB Brigjen Pol Srijono melalui Kasbudit III Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) AKBP M Eka Fathurahman di Mataram, Jumat.

Imbauan itu disampaikan terkait dengan pengungkapan belasan kendaraan curian yang diamankan dari wilayah Lombok Tengah pada Kamis (26/3).

Ia mengatakan kunci ganda merupakan sebuah pengaman kendaraan yang cukup membantu para pemiliknya untuk mengamankan kendaraannya dari aksi pencurian.

Namun, ia juga tetap mengingatkan para pemilik kendaraan untuk tetap waspada dan selalu berhati-hati saat memarkir kendaraannya dimanapun.

"Kita tidak bisa memprediksikan aksi kejahatan, karena itu kalau memarkir sepeda motor di tempat keramaian belum tentu juga aman, jadi diharapkan tetap waspada," ucap Eka.

Anggota Ditreskrimum Polda NTB bersama Res Brimob Polda NTB menemukan belasan kendaraan bermotor itu di dalam rumah yang tidak berpenghuni.

Diduga, seluruh kendaraan hasil aksi kejahatan di wilayah Lombok itu, sengaja disimpan di tempat tersembunyi hingga waktunya nanti akan di kirim ke luar Pulau Lombok.

Dugaan itu diutarakan Eka, melihat lokasi temuan tersebut tidak jauh dari Pelabuhan Awang di wilayah Lombok Tengah yang jaraknya sekitar 300 meter dari tempat penyimpanan belasan sepeda motor curian tersebut.

Eka juga mengharapkan kepada masyarakat untuk jangan segan melaporkan kepada pihak kepolisian jika menemukan atau melihat ada aksi kejahatan.

"Kami juga harapkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk membantu memberantas para pelaku kejahatan, jika ada yang dicurigai, segera laporkan," katanya. (*)