Wali Kota Targetkan Kelulusan UN 100 Persen

id un lulus

"Kota Mataram selalu menjadi barometer kelulusan ujian nasional (UN) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena itu, hasil UN tahun ini tidak boleh kalah dengan UN tahun lalu, tetapi harus tetap dilaksanakan dengan jujur dan berprestasi"
Mataram,  (Antara NTB)- Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh menargetkan tingkat kelulusan siswa dalam ujian nasional pada tahun pelajaran 2014/2015 mencapai 100 persen pada semua jenjang pendidikan.

"Kota Mataram selalu menjadi barometer kelulusan ujian nasional (UN) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena itu, hasil UN tahun ini tidak boleh kalah dengan UN tahun lalu, tetapi harus tetap dilaksanakan dengan jujur dan berprestasi," katanya usai mengikuti acara istighatsah persiapan UN siswa kelas XII di Mataram, Kamis.

Dikatakannya, pada tahun lalu siswa siswi Kota Mataram berhasil mendominasi capaian angka kelulusan tertinggi se-NTB. Untuk itu, tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu.

Untuk meraih target tersebut, wali kota menyakini, semua jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), kepala sekolah, pengawas dan guru telah melakukan persiapan akademik. Begitu juga anak-anak, sudah melakukan persiapan serupa.

Selain persiapan akademik, katanya, persiapan secara mental juga diperlukan. Terkait itu, istigosah dilakukan agar apa yang menjadi target lulus berkualitas dan berprestasi serta kelulusan 100 persen bisa tercapai.

Menurut Ahyar, kegiatan istighatsah yang diikuti sekitar 6.000 siswa kelas XII ini merupakan salah satu bentuk persiapan mental siswa menghadapi UN, kendati UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan.

Istighatsah dilaksanakan untuk membentuk mental siswa hadapi UN. Istigosah biasa kita lakukan setiap tahun agar siswa betul-betul siap secara mental melaksanakan UN.

"Semoga dengan upaya ini Mataram bisa mencapai kelulusan yang jujur dan berprestasi. Berprestasi terbaik se-NTB bahkan nasional," katanya.

Selain pihak sekolah, wali kota juga mengingatkan para orang tua agar ikut andil mempersiapkan putra-putrinya menghadapi UN. "Peran orang tua ini sangat penting dalam memberikan semangat dan motivasi kepada putra-putrinya agar lebih fokus belajar. Insya Allah kita bisa lulus 100 persen," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H Sudenom mengatakan, jumlah peserta UN tingkat SMA/MA/SMK tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 7.509 siswa.

Jumlah itu terdiri atas siswa SMA 3.567 siswa dari 22 sekolah, MA (madrasah aliyah) sebanyak 764 siswa dari 14 sekolah, dan SMK sejumlah 2.723 siswa dari 20 sekolah yang ada.

Dia mengatakan, kegiatan UN akan berlangsung pada 13, 14 dan 15 April 2015, menggunakan 422 ruang kelas, dan diawasi oleh 844 pengawas. "Jadi, satu ruang UN diawasi dua orang pengawas," ujarnya.

Sedangkan untuk tingkat SMP dan madrasah tsanawiyah (MTs) sebanyak 7.756 dengan rincian, SMP 6.477 siswa, MTs 1.237 siswa dan SMP terbuka 42 siswa yang akan melaksanakan UN pada 4-7 Mei 2015. (*)