Wisatawan minati paket wisata lombok-komodo "adventure"

id wisata lombok

Wisatawan minati paket wisata lombok-komodo "adventure"

Tampak ratusan penumpang wisatawan kapal cepat dari Gili ke Bali. (Foto Apink Alkaf)

Paket wisata petualangan dari Bangsal, Lombok Utara menuju Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah naik daun. Dalam seminggu, ratusan wisatawan asing dari berbagai negara memilih paket petualangan laut ini"
Lombok Utara, (Antara NTB) - Para wisatawan asing cukup berminat dengan paket wisata petualang dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, menuju Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, yang ditawarkan para pengusaha karena biaya perjalanan yang relatif terjangkau.

Manager Wanua Adventure, Yayat, yang ditemui di Kabupaten Lombok Utara, Senin, mengakui jika paket wisata tersebut cukup diminati kalangan wisatawan asing yang suka berpetualang.

"Paket wisata petualangan dari Bangsal, Lombok Utara menuju Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah naik daun. Dalam seminggu, ratusan wisatawan asing dari berbagai negara memilih paket petualangan laut ini," katanya.

Ia menyebutkan ada empat perusahaan yang menyediakan jasa petualangan Lombok-Komodo. Sebagian mengawali "cruise" atau pengarungan dari Bangsal, Lombok Utara, dan sebagian lagi dari Labuan Lombok, Kabupaten Lombok Timur.

"Kami sudah mulai menjual paket wisata Lombok-Komodo `Adventure` ini sejak 14 tahun lalu," ujarnya.

Soal biaya, kata Yayat, pihaknya hanya mematok Rp1,8 juta untuk fasilitas dek dan Rp2,5 juta untuk kabin.

Para wisatawan juga dapat menikmati makan tiga kali sehari dan alat "snorkling" atau menyelam selama pelayaran dari Bangsal, Lombok Utara, hingga ke Pulau Komodo.

Pelayaran dilakukan dengan menggunakan kapal berukuran panjang sekitar 25 meter dan lebar 4,5 meter.

Selama dalam perjalanan, kapal bisa singgah di Pelabuhan Carik Bayan dan Pulau Sugian, Kabupaten Lombok Timur, untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan melihat keindahan perairan laut Pulau Lombok.

Sementara di Pulau Sumbawa, wisawatan bisa menikmati air terjun di Pulau Moyo, Sumbawa, dan "salt lake" atau danau garam di Pulau Satonda, Kabupaten Dompu.

Kemudian, katanya, di Nusa Tenggara Timur, titik pertama yang dikunjungi adalah Gili Lawa, selanjutnya "Manta Point" (Takat Makasar), "Pink Beach", Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Kelor, dan berakhir di Labuan Bajo.

"Total waktu yang dibutuhkan untuk petualangan laut Lombok-Komodo ini bisa empat hari empat malam," kata Yayat. (*)