Bupati Lombok Utara minta warganya amankan pemilukad

id Pilkada KLU

Bupati Lombok Utara minta warganya amankan pemilukad

Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu (Kiri tiga) memukul "gendang belek" sebagai tanda dimulainya tahapan Pemilukada Lombok Utara yang akan digelar pada 9 Desember 2015. (Afink) (1)

Lombok Utara (Antara NTB) - Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu, meminta warganya agar ikut berpartisipasi menjaga kondusifitas daerah selama proses pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) yang akan digelar pada Desember 2015.

"Jangan sampai ada keretakan hanya lantaran pemilihan bupati dan wakil bupati. Siapa pun yang nantinya terpilih, kita semua harus angkat topi," kata Djohan Sjamsu, pada saat peluncuran tahapan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara, di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat.

Peluncuran tahapan Pemilukada Lombok Utara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Lombok Utara H Najmul Ahyar, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) NTB Aksar Ansori, Ketua KPUD Lombok Utara Fajar Marta.

Djohan yang dipastikan akan maju kembali dalam Pemilukada Lombok Utara meminta kepada semua komponen masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai apa pun hasil dari pesta demokrasi tersebut.

"Kita sudah berpengalaman dalam menggelar Pemilukada. Sekali lagi, jangan sampai ada dendam karena kita berbeda pilihan," ujarnya.

Dulu, kata dia, dirinya dan Wakil Bupati Najmul Ahyar berpasangan dan memenangkan Pemilukada pertama di Lombok Utara.

Namun, pada Pemilukada 2015, ia dan Najmul Ahyar harus bersaing untuk memperebutkan kursi bupati.

"Kami akan bersaing. Tetapi, persaingannya harus sehat," ucap Ketua DPC Partai Demokrat Lombok Utara ini.

Djohan juga meminta para penyelenggara maupun pengawas Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

"Tolong. Sekali lagi tolong. Para penyelenggara dan pengawas jangan cari musuh. Jangan cari musuh," katanya.

Ketua KPU NTB Aksar Ansori juga menyampaikan harapan yang sama. Dia juga berharap, para penyelenggara Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara menjunjung netralitas dalam melaksanakan tugasnya.

"Meski KPU Lombok Utara baru pertama kali menggelar pemilihan di daerahnya sendiri, saya yakin penyelenggaraan pesta demokrasi kepala daerah ini akan sukses," ujarnya.

Ia menjelaskan tahapan pemilihan sudah dimulai dan pada 11 Juni 2015, pihaknya akan menerima pendaftaran para calon bupati dan wakil bupati dari tujuh kabupaten/kota yang akan menggelar pemilukada serentak pada Desember 2015.

Selanjutnya, kata dia, pada 24 Agustus 2015, para calon yang memenuhi syarat akan ditetapkan.

Sementara masa kampanye akan dimulai pada 27 Agustus hingga 5 Desember 2015, dan puncaknya, pada 9 Desember 2015, warga Lombok Utara akan menentukan pilihannya. ***2***

(T.KR-WLD/B/A020/A020) 23-05-2015 18:15:35