97 tewas dalam serangan bom mobil di Irak

id Bom Mobil

     Baquba, Irak (ANTARA News) - Sebanyak 97 orang tewas dan 133 cedera dalam ledakan besar bom  mobil di satu pasar padat pengunjung di Provinsi Diyala, Irak Timur, Jumat (17/7).  
   
Serangan  terjadi ketika mobil berisi bom  meledak saat ratusan orang memenuhi pasar terkenal di Kota Kecil Khan Bani Saad, sekitar Ibu Kota Provinsi tersebut, Baquba, 65 kilometer dari Baghdad, kata sumber seperti dikutip Kantor Berita Xinhua.

Ledakan tersebut menewaskan 97 orang dan melukai 133 orang lagi serta membuat 23 orang hilang, sementara 35 toko rata dengan tanah dan 40 kios lagi rusak parah, kata sumber itu.

Ledakan tersebut juga membuat sebanyak 45 kendaraan warga sipil terbakar dan puluhan lagi rusak, kata sumber tersebut.

Pemerintah provinsi melancarkan penyelidikan mengenai peristiwa tersebut untuk mengidentifikasi siapa yang berada di belakang ledakan itu dan bagaimana truk tersebut bisa memasuki areal pasar yang dijaga.

Pemerintah mengumumkan tiga hari masa berkabung dan memerintahkan semua taman serta tempat hiburan agar tutup selama sisa liburan Idul Fitri.

Provinsi Diyala, yang membentang dari ujung timur Baghdad ke perbatasan Iran, telah lama menjadi kubu kelompok garis keras Al-Qaida dan ajang aksi perlawanan serta bentrokan sektarian sejak serbuan pimpinan AS pada 2003.

(Uu.C003)

Editor: Aditia Maruli