Pencak silat - 108 pelajar NTB ikut kejurda

id Kejurda Silat

Pencak silat - 108 pelajar NTB ikut kejurda

Pencak silat.(ANTARA/Nyoman Budhiana) (1)

"Kejurda ini juga bagian dari upaya KONI NTB mempersiapkan atlet pencak silat yang bisa diandalkan"
Mataram (Antara NTB) - Sebanyak 108 pelajar dari 10 kabupaten/kota mengikuti kejuaraan daerah cabang olah raga pencak silat yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia Nusa Tenggara Barat dalam rangka mencari bibit atlet potensial.

Kejuaraan daerah (kejurda) yang digelar di Gelanggang Pemuda dan Olahraga, Kota Mataram, Senin, dibuka oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Andi Hadiyanto.

Andi menjelaskan, tujuan digelarnya kejurda tersebut untuk meningkatkan pembinaan cabang olah raga di tingkat kabupaten/kota dan sebagai barometer evaluasi pembinaan, sehingga mampu menghasilkan atlet pencak silat berprestasi di tingkat pelajar.

"Kejurda ini juga bagian dari upaya KONI NTB mempersiapkan atlet pencak silat potensi yang bisa diandalkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua," katanya.

Menurut dia, even di tingkat daerah ini sangat baik dalam rangka pencarian generasi penerus atlet pencak silat NTB yang sudah sering mewakili daerah dan bangsa di setiap even.

Bahkan, kata Andy, saat ini juara dunia pencak silat berasal dari NTB, yakni Maryati. Atlet ini juga akan mewakili NTB pada PON XIX yang akan digelar di Jawa Barat pada 2016.

"Jadi harapan kami melalui kejurda ini akan muncul Maryati baru yang akan menjadi penerus, sehingga NTB tetap diperhitungkan di kancah nasional dan internasional," ujarnya.

Dia menambahkan, pencak silat juga menjadi salah satu cabang olah raga unggulan yang diharapkan bisa meraih medali emas pada PON 2016 mendatang, selain beberapa cabang olah raga lainn, seperti atletik dan tinju.

Provinsi NTB menargetkan perolehan 15 medali emas pada PON XIX di Jawa Barat. Target tersebut lebih tinggi dibandingkan prestasi yang diraih pada PON XVIII yang digelar di Riau pada 2012, dengan perolehan 11 dari target 10 medali emas.

"Dari 11 emas itu, cabang olah raga pencak silat ikut menyumbang beberapa medali. Pada PON di Jawa Barat, nanti pencak silat juga tetap menjadi andalan NTB untuk mendulang emas," katanya. (*)