XL komersialkan layanan 4G LTE secara nasional

id Xl Jakarta

XL komersialkan layanan 4G LTE secara nasional

residen Direktur XL Dian Siswarini (kiri), disaksikan Chief Brand & Customer Experience Officer XL, Nicanor V. Santiago, mengganti kartu SIM lama milik seorang pelanggan dengan kartu SIM 4G XL di Mall Ambassador, Selasa (17/11). (1)

     Jakarta (Antara NTB) - PT XL Axiata Tbk (XL) mulai mengkomersialkan layanan 4G LTE (long term evolution) secara nasional termasuk untuk wilayah Ibu Kota Negara, DKI Jakarta.
     Seiring dengan selesainya proses penataan ulang frekuensi 1800 MHz secara nasional, XL langsung mengkomersialkan layanan internet cepat tersebut di Jakarta dan di beberapa kota lainnya di Indonesia.      Sebagai Ibu Kota Negara, Jakarta sudah sangat membutuhkan infrastruktur layanan data dan internet yang memadai secara kualitas.
     XL memperkirakan layanan ini akan sangat membantu aktivitas di berbagai bidang, baik pemerintahan maupun bisnis, hiburan, hingga aktivitas sosial kemasyarakatan.      Peresmian komersialisasi layanan XL 4G LTE dihadiri oleh Presiden Direktur XL, Dian Siswarini dan manajemen XL di pusat penjualan perangkat telekomunikasi, Mall Ambassador, Jakarta Selatan, Selasa (17/11).
     Presiden Direktur XL, Dian Siswarini mengatakan, pihaknya meresmikan komersialisasi layanan 4G LTE secara nasional termasuk Jakarta.
     Pihaknya sengaja tak menunda-nunda lagi mengingat kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan untuk segera bisa memanfaatkan internet super cepat guna membantu meningkatkan produktivitas mereka.
     "Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung upaya XL menyelenggarakan layanan 4G LTE di Ibu Kota ini, termasuk kepada Kementerian Komunikasi & Informatika, dan juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," katanya.
     Menurut Dian, sejak mulai mengimplementasikan layanan 4G LTE, XL langsung memutuskan untuk lebih mengutamakan sisi kualitas. Karena itu tanpa mengabaikan perluasan wilayah layanan 4G, XL juga terus berusaha menghadirkan layanan internet 4G LTE yang memberikan kecepatan dan kenyamanan bagi penggunanya.
     XL kini menghadirkan layanan internet 4G LTE tercepat yang benar-benar berkualitas dan stabil, dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Dengan demikian, manfaat dari teknologi ini secara maksimal akan didapatkan masyarakat.
     Karena pertimbangan kualitas dan kenyamanan tersebut, sejak awal XL mengambil pendekatan untuk langsung membangun layanan 4G LTE dengan standar yang mampu menghadirkan layanan “Extreme HD 360° Video”. Video ini menghadirkan tayangan yang tidak biasa. Sudut pandang video bisa mencakup 360°, yang hanya bisa dinikmati dengan kualitas internet yang benar-benar prima, baik secara kecepatan maupun kestabilan.
     Jadi, jika layanan internet super cepat XL mampu menghadirkan video jenis tersebut secara baik, maka juga akan unggul dalam menghadirkan jenis layanan data dan digital lainnya.
     XL yakin, begitu layanan  internet super cepat 4G LTE hadir di Indonesia, maka tuntutan pasar akan juga berubah. Para pelanggan dan pengguna layanan mobile internet akan menghendaki kualitas yang benar-benar prima agar mereka bisa menikmati dan merasakan kenyamanan memanfaatkan layanan data secara maksimal.         Akses pada layanan yang bersifat visual, terutama video akan terus meningkat. Video akan menjadi format layanan data untuk berbagai keperluan, baik untuk edukasi, promosi, presentasi, hingga hiburan. Kecepatan layanan 4G LTE XL antara lain telah mendapatkan pengakuan dari hasil laporan survey OpenSignal, September 2015 lalu.
     Hasil survei tersebut menyebut, untuk wilayah Indonesia, operator XL Axiata dianggap memiliki layanan tercepat dalam penyediaan layanan Internet dengan teknologi LTE.
     Pengembangan wilayah layanan dan jaminan atas kualitas layanan internet yang prima tersebut selanjutnya menjadi landasan bagi XL dalam mengimplementasikan berbagai program dalam mendukung Rencana Pitalebar Indonesia (Indonesia Broadband Plan).
     Program-program ini bersifat implementasi atas pemanfaatan teknologi digital sebagai solusi atas persoalan sosial masyarakat.
     XL bekerjasama dengan pemerintah daerah di berbagai penjuru tanah air dalam implementasinya. Beberapa program di antaranya adalah mFish, XmartCity, dan XmartVillage.    
     Dia mengatakan, melalui program-program tersebut, kami hendak menunjukkan secara langsung kepada masyarakat Indonesia manfaat yang bisa diraih dari keberadaan internet cepat dan teknologi digital.
     "Kami melakukannya untuk ikut menyiapkan masyarakat Indonesia menuju era digital, agar masyarakat tidak hanya menjadi konsumen belaka, namun juga bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hidup," kata Dian.
     Sebelumnya XL telah menggelar layanan 4G secara komersial di Medan, Bogor, Yogyakarta, Mataram, Denpasar, Surabaya dan Bandung. Pada hari ini, XL meluncurkan layanan internet cepat 4G LTE di Jakarta. Hingga akhir November 2015 ini, XL juga akan mengkomersialkan layanan 4G LTE di 11 kota lainnya, yaitu Pekanbaru, Batam, Palembang, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Pacitan, Madura, Banjarmasin, dan Manado.
     Selanjutnya, hingga akhir tahun nanti, XL berharap bisa menambah lagi layanan internet super cepat ini di 16 kota. Dengan demikian, secara nasional, hingga akhir tahun nanti ada sekitar 35 kota yang telah terlayani layanan internet XL 4G LTE tercepat nasional dari XL. Saat ini layanan 4G XL ditopang oleh lebih dari 3.000 BTS 4G.(*)