200 penyandang disabilitas NTB ikuti jalan sehat

id Penyandang Disabilitas

200 penyandang disabilitas NTB ikuti jalan sehat

Fasilitas Penyandang Disabilitas Penyandang disabilitas berjalan bersama secara bergandengan di trotoar. (Antara Foto) (1)

"Kegiatan ini terlaksana secara serentak dalam skala nasional"
Mataram (Antara NTB) - Sebanyak 200 penyandang disabilitas se-Nusa Tenggara Barat (NTB) ambil bagian dalam kegiatan jalan sehat yang digelar Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Mataram pada Minggu pagi.

Acara itu digelar untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2015. Kegiatan yang bertema mewujudkan masyarakat insklusif melalui undang-undang penyandang disabilitas dan strategi multisektoral ini, disiarkan langsung oleh 90 stasiun yang tersebar di Indonesia dengan dibuka serentak melalui instruksi Direktur Utama RRI Pusat.

"Kegiatan ini terlaksana secara serentak dalam skala nasional. Melalui jalan sehat disabilitas ini, menjadikannya sebuah momentum untuk menumbuhkembangkan kesadaran, kepedulian dan kesetiakawanan sosial oleh semua kalangan, khususnya para penyandang disabilitas," kata Rohana, Ketua Panitia Jalan Sehat dalam sambutannya di Mataram, Minggu.

Dikatakannya, kegiatan semacam ini adalah salah satu bagian nyata perwujudan misi RRI sebagai "perekat sosial" dan diharapkan menjadikan RRI sebagai rumah rakyat Indonesia.

Kegiatan jalan sehat disabilitas diikuti oleh seluruh keluarga besar LPP RRI Mataram. Turut serta mempersembahkan "drum band" dari SMA 1 Hang Tuah, Ampenan, yang mengiring rute jakan sehat dari depan kantor LPP RRI Mataram.

Bahkan, sejumlah instansi di lingkup provinsi dan kota juga turut hadir dalam momentum peringatan HDI Tahun 2015.

Tampak pula para penyandang disabilitas yang masih mengenyam pendidikan di SLBA YTPN Mataram turut serta dalam kegiatan jalan sehat yang mulai dibuka serentak pada Minggu pagi, pukul 07.30 WITA.

Selain jalan sehat, pihak panitia pun turut berbagi rejeki kepada seluruh peserta dengan membagikan kupon undian dan beberapa hadiah menarik. Tak hanya itu, penampilan panggung hiburan pun juga turut keramaikan kegiatan di hari libur itu. (*)