Bupati KSB: Seluruh Sekolah Harus Laksanakan UNBK

id unbk sumbawa barat

Bupati KSB: Seluruh Sekolah Harus Laksanakan UNBK

Tahun 2017 seluruh sekolah di KSB wajib melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)"
Sumbawa Barat (Antara NTB) - Bupati Sumbawa Barat (KSB)  HW Musyafirin menargetkan tahun 2017 seluruh sekolah baik SMA maupun SMP/MTs harus mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK)

"Tahun 2017 seluruh sekolah di KSB wajib melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," katanya, saat memberi motivasi dalam kegiatan doa dan zikit bersama menyambut UN SMP/MTs yang diikuti ribuan siswa di Taliwang, Senin.

Ia mengatakan untuk merealisasikan target tersebut, dibutuhkan persiapan-persiapan, termasuk mempersiapkan seluruh sekolah agar bisa memenuhi standar pelayanan minimum dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan.

Musyafirin menginstruksikan Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) untuk segera menyusun perencanaan, termasuk rencana anggaran yang dibutuhkan.
   
Target seluruh sekolah melaksanakan UNBK, katanya, merupakan salah satu upaya untuk peningkatan mutu pendidikan di Sumbawa Barat, di samping juga penyedian sarana prasarana.
     
"Kesuksesan generasi mendatang ditentukan oleh sikap, prilaku dan seberapa mampu mereka menyiapkan diri agar bisa bersaing secara global. Tugas kita sebagai pemerintah dan orangtua hanya menfasilitasi," ujarnya.

Untuk tahun ajaran 2015-2016 ini jumlah sekolah pelaksana UNBK hanya sebanyak empat sekolah yakni dua sekolah tingkat SMA dan  dua sekolah tingkat SMP.
 
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sumbawa Barat, Mukhlis, menyatakan minimnya jumlah sekolah pelaksana UNBK itu disebabkan masih minimnya fasilitas yang dimiliki tiap-tiap sekolah.

"Kedepan kita tentu akan berupaya memenuhi fasilitas penunjang dan kesiapan siswa agar target suruh sekolah melaksanakan UNBK tahun 2017 bisa terealisasi," katanya.

Selain program UNBK, Pemkab Sumbawa Barat dibawah kepimimpinan Bupati HW Musyafirin dan Wakil Bupati Fud Syaefuddin, juga telah mencanangkan program seragam gratis untuk siswa baru untuk siswa TK hingga SMA.
     
Program tersebut akan mulai dilaksanakan pada awal tahun ajaran 2016-2017 pada Juni mendatang. Dalam program ini Penda harus menyiapkan seragam baru untuk sekitar  10.047 siswa.(*)