Sumbawa Barat Tuan Rumah Terbaik Gelar TTG

id ttg ksb

Sumbawa Barat Tuan Rumah Terbaik Gelar TTG

Bupati Sumbawa Barat H W Musyafirin menyampaikan sambutan pada acara gelat teknologi tepat guna (TTG) di Taliwang

...Kegiatan tersebut di Sumbawa Barat, bahkan diakui sebagai yang terbaik selama pelaksanaan kegiatan serupa dalam beberapa tahun terakhir".
Sumbawa Barat (Antara NTB) - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat sukses melaksanakan kegiatan Gelar Tekhnologi Tepat Guna (TTG) dan Hari Bakti Gotong Royong Masyarakat (BGRM) tingkat Provinsi NTB yang dirangkaikan dengan pencanangan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), 27 - 30 April.

Kegiatan tersebut di Sumbawa Barat, bahkan diakui sebagai yang terbaik selama pelaksanaan kegiatan serupa dalam beberapa tahun terakhir.

"Dari evaluasi yang dilaksanakan, semua peserta (kontingen Kabupaten / Kota se-NTB) mengakui pelaksanaan kegiatan di KSB yang paling baik. Mulai dari pembukaan sampai pelaksanaan pameran TTG berjalan lancar dan semua peserta menyatakan puas atas pelayanan tuan rumah," ujar Burhanuddin, Kepala Seksi TTG, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), disela-sela kegiatan penutupan, NTB, Sabtu malam.

Dari penilaian yang dilaksanakan BPMPD NTB, stand pameran TTG Kabupaten Sumbawa ditetapkan sebagai stand terbaik, disusul stand Kabupaten Lombok Timur dan stand tuan rumah Kabupaten Sumbawa Barat pada urutan kedua dan ketiga.

Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin dalam sambutannya, meminta agar BPMPD NTB sebagai panitia lebih obyektif lagi dalam proses penilaian dan memperjelas indikator-indikator yang dijadikan acuan.
"Saya yakin penilaian yang telah dilaksanakan obyektif.

"Namun kedepan indikator-indikator penilaian lebih diperjelas. Hal-hal kecil seperti ini perlu dijaga agar hasilnya bisa dipertanggubgjawabkan dan semua pihak menerima," katanya.

Pada bagian lain, Musyafirin menyatakan bersyukur atas pelaksanaan kegiatan yang berjalan lancar dan dirinya berterimakasih atas partisipasi seluruh kontingen kabupaten/kota se-NTB dalan kegiatan tersebut.

Ia juga memuji peran serta masyarakat yang terlibat aktif menyukseskan pelaksanaan kegiatan itu dan menjaga kondusifitas selama kegiatan berlangsung.

"Selama kegiatan ini berlangsung semua yang datang telah membuktikan bahwa siapapun mereka, semua tamu dipastikan akan tinggal dengan nyaman dan aman di Sumbawa Barat," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan kepala BPMPD NTB, Baharuddin meminta seluruh masyarakat untuk terus mengembangkan inovasi untuk menghasilkan penemuan-penemuan baru sebagai penunjang kegiatan disegala bidang.

Ia juga memuji Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) yang diluncurkan Pemda Sumbawa Barat.

Gubernur NTB menyatakan, daerah selama ini cenderung mengembangkan inovasi program yang bersifat temuan baru dan  populer dengan pembiayaan yabg mahal. Tetapi dalam hal implementasi di lapangan program tersebut kesulitan untuk dilaksanakan.

"Program yang identik dengan kearifan lokal seperti gotong royong memang kelihatan kecil tetapi manfaatnya sangat besar dalam menumbuhkan partisipasi masyarakat menyokong penbangunan. Program PDPGR yang dicanangkan Pemda KSB merupakan bukti yang patut dicontoh," katanya.(*)