Inilah Fungsi MCB dalam Instalasi Listrik Rumah Anda

id MCB,Inilah fungsi MCB,Miniature Circuit Breaker,toggle switch

Inilah Fungsi MCB dalam Instalasi Listrik Rumah Anda

Plt Gubernur Kepri Isdianto menghidupkan MCB dan penempelan sticker program bantuan listrik bagi warga kurang mampu di Kelurahan Kampung Bugis dan Senggarang, Tanjungpinang, Rabu (22/4). (Foto/Humas Pemprov Kepri)

...Kegagalan fungsi MCB akan berisiko menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan misalnya terjadi percikan api akibat hubung singkat yang pada akhirnya dapat menimbulkan kebakaran".
Mataram (ANTARA) - MCB (Miniature Circuit Breaker) adalah salah satu komponen instalasi listrik rumah yang memiliki peran sangat penting. MCB ini berfungsi sebagai sistem proteksi di dalam instalasi listrik jika terjadi beban berlebih serta hubung singkat arus listrik atau korsleting.

Kegagalan fungsi MCB akan berisiko menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan misalnya terjadi percikan api akibat hubung singkat yang pada akhirnya dapat menimbulkan kebakaran. Pada instalasi listrik rumah, MCB ini terpasang di kWh meter listrik PLN serta di Box mcb.

Sekedar informasi, untuk membeli MCB, Box MCB dan aneka komponen listrik sebaiknya kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual Box MCB, dan aneka komponen listrik sangat lengkap dan berkualitas. Tersedia daftar harga Box MCB dan aneka komponen listrik dengan pilihan jenis dan merek terbaik.

MCB mempunyai 3 fungsi, berikut ulasannya.

Pemutus Arus

MCB memiliki fungsi sebagai pemutus arus listrik menuju arah beban. Untuk memutuskan arus tersebut dapat dilakukan manual maupun otomatis.

Untuk melakukannya secara manual yaitu dengan mengubah toggle switch yang berada di depan MCB tersebut setelah itu MCB akan memutuskan arus listrik.

Sedangkan untuk secara otomatis akan terjadijika dideteksi terjadi arus berlebih yang diakibatkan beban penggunaan listrik yang lebih, ataupundikarenakan hubung singkat.

Proteksi Beban Lebih (overload)

Fungsi ini akan bekerja jika MCB mendeteksi adanya arus listrik yang melebihi batas. Misalnya, sebuah MCB memilikibatas arus listrik 6A, namun arus listrik yang mengalir melalui MCB tersebut sekitar 7A, maka MCB tersebut akan trip dengan delay waktu yang cukup lama sejak MCB tersebut mendeteksi adanya arus lebih.

Bagian MCB yang menjalankan tugas mendeteksi adanya arus lebihyaitu sebuah strip bimetal. Sebuah arus listrik yang melewati bimetal akan membuatnya menjadi panas dan memuai ataupun mungkin melengkung.

Semakin besar arus listrik, maka bimetal pun akan semakin panas serta memuai, yang pada akhirnya akan memerintahkan switch mekanis MCB untuk memutus arus listrik.

Lamanya waktu pemutusan arus yang dilakukan MCB tersebut tergantung dari besarnya arus listrik. Semakin besar besar arus listrik tersebut, pemutusan arusnya akan semakin cepat. Fungsi strip bimetal ini disebut dengan Thermal Trip. Ketika arus listriknya sudah putus, maka bimetal pun akan mendingin serta kembali normal.

Proteksi Hubung Singkat

Fungsi ini akan bekerja jika terjadi korsleting ataupun hubung singkat arus listrik. Terjadinya korsleting listrik akan menimbulkan arus listrik yang sangat besar serta mengalir di dalam sistem instalasi listrik rumah Anda.

Bagian MCB yang mendeteksi yaitu bagian magnetic trip yang berupa solenoid, besarnya arus listrik yang mengalir akan menimbulkan berupa gaya tarik magnet di solenoid yang akan menarik switch pemutus aliran listrik. Sistem kerjanya sangat cepat, sebab untuk menghindari terjadinya kerusakan pada peralatan listrik lainnya.(*)