Lebaran 2016 - Kapolda NTB minta perbanyak CCTV di pelabuhan

id Kapolda NTB

Lebaran 2016 - Kapolda NTB minta perbanyak CCTV di pelabuhan

Kapolda NTB Brigadir Jenderal Polisi Umar Septono (ANTARA NTB/Awaludin) (1)

"Kami selalu berpikir bahwa ada gangguan, maka harus selalu waspada"
Mataram (Antara NTB) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Brigadir Jenderal Polisi Umar Septono meminta pihak terkait memperbanyak pemasangan "Closed circuit television" atau televisi sirkuit tertutup di pelabuhan dan bandara untuk memantau orang mencurigakan.

"Kami sudah bahas dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah NTB untuk memperbanyak pemasangan CCTV di tempat-tempat penyeberangan dan bandara supaya terpantau orang-orang yang tidak kita kenal mungkin menyeberang ke daerah ini," kata Kapolda NTB Brigjen Pol Umar Septono di Mataram, Sabtu.

Hal itu dikatakan Kapolda ketika melakukan pengecekan kesiapan angkutan mudik di Bandara Internasional Lombok di Kabupaten Lombok Tengah bersama Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin.

Prediksi terjadi gangguan keamanan, kata dia, selalu ada. Oleh sebab itu, pihaknya selalu memegang prinsip kehati-hatian dan memperkuat kewaspadaan, sehingga gangguan yang kemungkinan terjadi bisa dicegah.

"Kami selalu berpikir bahwa ada gangguan, maka harus selalu waspada," ujarnya.

Salah bentuk kewaspadaan, lanjut Septono, yakni dengan menempatkan personel di area pelabuhan dan bandara yang menjadi pintu masuk bagi para pemudik yang datang dari luar NTB.

"Kami juga menempatkan anggota gegana di Bandara Internasional Lombok, itu dalam rangka menyikapi situasi yang berkembang saat ini," katanya.

Dikatakannya, personel yang ditempatkan di area pelabuhan dan bandara bertugas untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik. Mereka menjalankan tugas sejak arus mudik hingga arus balik Lebaran 2016 selesai.

"Mereka bertugas selama 16 hari, tapi tergantung situasi juga, kalau kondisi sudah landai anggota ditarik lebih awal, tapi kalau diperlukan bisa perpanjang," kata Septono.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) NTB Lalu Bayu Windiya, mengatakan arus mudik di pelabuhan dan bandara di wilayah NTB, hingga H-4 Idul Fitri 1437 Hijriyah, dalam kondisi ramai lancar.

Begitu pula pada aspek keamanan tetap terjaga karena aparat intelijen iku$t bekerja memastikan bahwa tidak ada masuk pemudik yang merencanakan aksi-aksi tak bertanggung jawab. (*)