Shevchenko diangkat menjadi pelatih kepala Ukraina

id Pelatih Ukraina

Shevchenko diangkat menjadi pelatih kepala Ukraina

Pelatih Tim Nasional Ukraina Andriy Shevchenko. (UEFA) (1)

Kiev (ANTARA News) - Mantan striker Ukraina Andriy Shevchenko diangkat menjadi pelatih kepala timnas Ukraina pada Jumat menggantikan Mykhailo Fomenko yang mundur setelah Piala Eropa 2016, demikian dikatakan federasi sepak bola negara tersebut.

Shevchenko (39) yang pernah menjadi pencetak gol terbanyak di timnas Ukraina dan juga pernah bermain di Dynamo Kiev, AC Milan dan Chelsea, hadir bersama presiden federasi Andriy Pavelko dalam sebuah pertemuan pers.

Fomenko mundur setelah Ukraina berada di posisi jurukunci Grup C tanpa meraih satu poin pun di Piala Eropa baru-baru ini, bahkan gagal mencetak satu gol pun dalam tiga pertandingan mereka di Prancis.

Tim itu kalah dari Jerman 0-2 di pertandingan pembuka dan dikalahkan Oleh Irlandia Utara dengan skor yang sama sebelum mereka mengakhiri kampanye dengan kekalahan 0-1 dari Polandia.

Shevchenko yang telah mencetak 48 gol dalam 111 penampilannya di timnas Ukraina, menjelang Piala Eropa dia bergabung sebagai staf pelatih timnas, menggantikan asisten pelatih Olexandr Zavarov.

Dia gantung sepatu setelah Piala Eropa 2012, ketika Ukraina menjadi tuan rumah bersama Polandia, dan Shevchenko pernah sukses memenangi penghargaan Ballon dOr pada 2014 di Milan, demikian Reuters.

(A020)

Editor: Ruslan Burhani

(*)