DPRD Sumbawa Barat tidak intervensi seleksi sekda

id Sekda KSB

"Kami serahkan semuanya ke pansel karena itulah mekanisme yang harus ditempuh"
Sumbawa Barat (Antara NTB) - Ketua DPRD Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, M Nasir menegaskan pihaknya tidak berwenang mengintervensi proses seleksi calon sekretaris daerah yang telah dilaksanakan oleh panitia seleksi.

"Kami serahkan semuanya ke pansel karena itulah mekanisme yang harus ditempuh," kata M Nasir menanggapi hasil proses seleksi yang dilaksanakan oleh Pansel Sekda Sumbawa Barat, di Sumbawa Barat.

Dari enam calon yang telah diumumkan memenuhi syarat oleh pansel, ia menilai seluruhnya merupakan figur birokrat yang terbaik.

Soal siapa nanti yang terpilih dan ditetapkan sebagai Sekda Sumbawa Barat, Nasir berharap pejabat itu bisa bekerja sama dengan semua pihak dalam mendukung kinerja birokrasi dan pembangunan daerah.

Kerja sama itu sangat penting karena karena tugas sekda nantinya akan sangat dominan untuk membantu jalannya pemerintahan.

"Yang terpenting harus bisa bekerja sama dengan semua pihak dan memiliki jaringan dan akses yang luas, serta inovatif dalam rangka kemajuan daerah," ujarnya.

Pansel Calon Sekda Sumbawa Barat mengumumkan dari enam peserta yang telah mengikuti seleksi, semuanya memenuhi syarat.

Meski demikian, Kepala Sekretariat Pansel A Malik Nurdin menyatakan tiga nama yang menempati rangking teratas dari enam calon tersebut telah diserahkan kepada bupati untuk dipilih salah satunya guna dikoordinasikan dengan Gubernur NTB untuk ditetapkan dan dilantik menjadi sekda definitif.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin enggan mengungkapkan tiga nama yang menempati rangking teratas dalam proses seleksi tersebut.

"Yang jelas awal Agustus Sekda definitif sudah dilantik, tunggu saja," katanya.

Enam calon Sekda Sumbawa Barat yang memenuhi syarat seperti yang diumumkan pansel adalah Abdul Aziz SH, MH, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Tata Praja yang juga Plt Sekda Sumbawa Barat.

Selain itu, Drs Nurdin saat ini menjabat sebagai staf khusus Bupati Sumbawa Barat, DR H Amri Rahman M.Si, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumbawa Barat, Drs Burhanuddin, saat ini sebagai Staf Ahli Bupati Sumbawa Barat, Hirawansyah SH, MH, juga Staf Ahli Bupati Sumbawa Barat, dan Ir Dirmawan, saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penanaman Modal Kabupaten Sumbawa.  (*)