Miniatur Masjid 34 Provinsi Ramaikan MTQ Nasional

id MTQ NASIONAL

Miniatur Masjid 34 Provinsi Ramaikan MTQ Nasional

Sejumlah kendaraan hias berbentuk miniatur masjid mengikuti Pawai Ta'aruf MTQ Nasional ke-26 di Mataram, NTB, Jumat (29/7). Pawai Ta'aruf tersebut diikuti perwakilan peserta MTQ Nasional dari 34 provinsi se-Indonesia. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi.

"Semoga dengan rangkaian kegiatan ini, MTQ Nasional di NTB berjalan sukses,"
Mataram (Antara NTB) - Miniatur masjid dari 34 provinsi meramaikan Pawai Ta`aruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Pawai itu dilepas Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi didampingi Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Machasin Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin dan Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh bertempat di Jalan Pejanggik.

"Semoga dengan rangkaian kegiatan ini, MTQ Nasional di NTB berjalan sukses," kata Gubernur.

Orang nomor satu di NTB itu, meminta dukungan seluruh masyarakat untuk mensukseskan kegiatan MTQ Nasional ke-26.

"Kegiatan ini akan sukses selama masyarakat mendukung," kata Gubernur sebelum melepas peserta pawai ta`aruf.

Pada kesempatan itu, ia melepas pawai miniatur pertama dari Masjid Raya Baiturrahman Provinsi Aceh. Kemudian di susul miniatur masjid asal Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Setelah itu satu persatu provinsi lain ikut juga menyusul, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali. Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Dilanjutkan, Papua, Papua Barat, NTT, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan tuan rumah NTB. Tidak ketinggalan pawai taaruf kendaraan hias ini juga di ikuti 10 kabupaten/kota di NTB.

Dari 34 kendaraan hias yang di tampilkan rata-rata menampilkan miniatur masjid yang menjadi ikon masing-masing provinsi.

Koordinator pawai ta`aruf yang juga Kasat Pol PP Provinsi NTB, Lalu Dirjaharta mengatakan kegiatan ta`aruf ini merupakan salah satu rangkaian menyambut MTQ Nasional ke-26. Dimana kota Mataram NTB, selaku tuan rumah mengangkat tema, kembalikan kearifan lokal dengan semangat silaturrahmi.

Adapun rangkaian kegiatan terbagi menjadi dua, yakni pawai kendaraan hias miniatur 34 provinsi sesuai dengan kearifan lokalnya. Pawai berjalan kaki di ikuti 3000 perserta berasal dari seluruh kabupaten/kota se-NTB. Kegiatan ini disaksikan puluhan ribu masyarakat kota Mataram yang berdiri di sepanjangn jalan Langko hingga jalan Pejanggik.  

"Kegiatan ini tidak lain bertujuan mengangkat kearifan lokal untuk mempererat persaudaraan antar sesama," katanya.

Sebelumnya, sejumlah kegiatan pra acara sudah dilaksanakan sebelum malam puncak pembukaan MTQ Nasional oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu malam (30/7) di Masjid Islamic Center kota Mataram. Di antaranya, Semaan Alquran yang di ikuti 1.000 orang, Mars MTQ, dan Barzanji yang memecahkan rekor MURI dengaan peserta sebanyak 93 ribu orang. (*)