399 Jamaah Haji Mataram di Mekkah Sehat

id JCH NTB

Informasi terakhir kami terima dari para petugas kelompok terbang (kloter) dan ketua rombongan menyampaikan rata-rata kondisi kesehatan jamaah sehat walafiat, termasuk tiga jamaah yang menggunakan kursi roda
Mataram (Antara NTB)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam mengatakan, sampai hari ini kondisi 399 jamaah haji Kota Mataram di Mekkah dalam keadaan sehat walafiat, meskipun cuaca di Tanah Suci cukup ekstrem.

"Informasi terakhir kami terima dari para petugas kelompok terbang (kloter) dan ketua rombongan menyampaikan rata-rata kondisi kesehatan jamaah sehat walafiat, termasuk tiga jamaah yang menggunakan kursi roda," katanya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu.

Buhanul Islam yang ditemui usai mengikuti upacara HUT Kota Mataram ke-23, mengatakan jamaah haji lansia dan yang menggunakan kursi roda tetap didampingi muhrim dan para petugas kesehatan haji.

"Lansia dan tiga haji yang menggunakan kursi roda ini menjadi prioritas pengawasan petugas," katanya.

Dikatakan, jamaah haji yang saat ini berada di Mekkah sedang melaksanakan berbagai ibadah sunah sambil mengerjakan ibadah wajib shalat lima waktu.

Saat mendapatkan informasi dari ketua kloter dan rombongan itu, Kemenag tidak lupa juga mengingatkan kembali para petugas untuk tidak jenuh mengingatkan jamaah agar banyak minum air putih guna mengindari dehidrasi.

"Cuaca ekstrem di Tanah Suci saat ini berkisar 42-45 derajat celsius mengharuskan jamaah banyak mengonsumsi air putih atau bahkan jamaah bisa meminum air zam-zam," katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 399 jamaah haji itu telah diberangkatkan dalam dua tahap.

Tahap pertama pada kloter 02 sebanyak 354 yang diberangkatkan tanggal 24 Agustus 2016 dan kloter 05 sebanyak 45 orang yang diberangkatkan tanggal 29 Agustus 2016.

Sementara sisanya 146 calon haji asal Kota Mataram musim haji 2016, akan dilepas pada 4 September dan diberangkatkan pada 5 September 2016.

"Insha Allah kondisi kesehatan 146 orang ini tidak ada masalah karena usia jamaah rata-rata sehat dan relatif masih usia produktif," sebutnya. (*)