Ormas Islam Sumbawa Barat Sepakat Tidak Unjukrasa

id sumbawa barat demo

Ormas Islam Sumbawa Barat Sepakat Tidak Unjukrasa

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbawa Barat KH Hasyim KH Syamsul Ismain

....keputusan bersama semua ormas Islam yang ada di Sumbawa Barat itu untuk menjaga kondusifitas masyarakat dan mengantisipasi adanya pihak ketiga yang ingin memprovokasi aparat keamanan dengan masyarakat. Bagi kami mencegah mudharat itu lebih baik
Sumbawa Barat, (Antara NTB) - Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) Islam di Kabupaten Sumbawa Barat sepakat tidak menggelar unjukrasa damai pada Jumat (4/11) sebagaimana yang akan dilaksanakan berbagai ormas Islam di seluruh Indonesia.

Hal ini merupakan kesepakatan bersama Ormas Islam yang ada di Sumbawa Barat dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di Mapolres setempat, Rabu (2/11).

Ketua Majelis Ulama Indonesia  (MUI) Sumbawa Barat, KH Syamsul Ismain usai mengikuti rapat koordinasi, mengatakan keputusan bersama semua ormas Islam yang ada di Sumbawa Barat itu untuk  menjaga kondusifitas masyarakat dan  mengantisipasi adanya pihak ketiga yang ingin memprovokasi aparat keamanan dengan masyarakat. Bagi kami mencegah mudharat itu lebih baik daripada mengambil maslahat.
 
Kalaupun nantinya pada 4 Nopember 2014 tetap ada aksi yang dilakukan pihak-pihak tertentu, MUI menyerahkan ke aparat penegak hukum.

Menurut Syamsul Ismain, aksi itu itu diluar kewenangan dan seruan MUI dan Ormas Islam lainnya.

"Itu aksi tersendiri diluar tanggung jawab kami dan diluar pembahasan kami dalam rapat koordinasi," katanya.
 
Meski demikian, kata dia, MUI dan Ormas Islam lainnya di Sumbawa Barat tetap mengharapkan proses hukum terhadap dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Cahaya Purnama (Ahok), yang menjadi sorotan ummat Islam di Indonesia bahkan dunia, dilaksanakan secara transparan  baik dari proses awal sampai persidangan.

Sementara itu, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan SIK, mengapresiasi  kesapakatan yang dicapai Ormas Islam di Sumbawa Barat.

Ia  menyatakan apa yang menjadi harapan Ormas Islam yang ada di daerah ini tetap akan ditindaklanjuti kepada Kapolda NTB.

"Proses hukum dan tuntutan dari masyarakat yang ada di seluruh  Indonesia, juga tetap akan disampaikan ke Mabes Polri. Kami siap mengawal dan mengamankan agar apa yang menjadi aspirasi Ormas bisa terakomodasi sampai ke tingkat pusat," ujarnya.
 
Karena itu, ia berharap  seluruh umat Islam untuk tetap percaya kepada proses hukum yang sedang berjalan.

Kepolisian, katanya, juga menghendaki masyarakat untuk tetap mengawasi proses hukum tersebut.(*)