Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti Jalan Sehat RRI Mataram

id Penyandang Disabilitas

Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti Jalan Sehat RRI Mataram

"Disabiltias tidak perlu berkecil hati sebab dibalik semua itu terdapat kelebihan yang tidak dimiliki orang lain"
Mataram (Antara NTB) - Lebih dari 500 peserta dari kalangan penyandang disabilitas dan masyarakat umum mengikuti jalan sehat yang digelar Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu.

Ratusan peserta jalan sehat RRI Mataram, dilepas oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Muhammad Amin.

Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin, mengatakan semangat dan motivasi para penyandang disabilitas dalam berpartisipasi membangun bangsa dan daerah cukup tinggi.

Hal ini terbukti dengan banyaknya karya yang ditorehkan dalam berbagai sektor yang menopang kemajuan daerah.

"Kelebihan maupun keterbatasan yang dimiliki tidak menghalangi untuk berkarya dan membangun daerah. Karena itu, disabiltias tidak perlu berkecil hati sebab dibalik semua itu terdapat kelebihan yang tidak dimiliki orang lain," katanya.

Amin juga mengapresiasi jalan sehat disabilitas yang digelar RRI Mataram. Apa yang dilakukan oleh lembaga penyiaran itu menunjukkan komitmen dalam memberdayakan kaum disabilitas.

"Kita berkomitmen untuk memberlakukan sama walaupun dalam kekurangan-kekurangan yang mereka miliki. Momen ini kita pergunakan meningkatkan perhatian serta atensi kepada penyandang disabilitas," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun RRI Mataram Ahmad Bahri, mengatakan jalan sehat bagi penyandang disabilitas merupakan kegiatan rutin yang digelar RRI serentak secara nasional.

Kegiatan tersebut juga sesuai dengan kebijakan RRI sebagai lembaga penyiaran publik untuk memberikan ruang seluas-luasnya bagi seluruh elemen masyarakat.

"RRI sebagai milik publik harus hadir bagi masyrakat sehingga saudara kita yang disabiltias memiliki hak yang sama untuk memperoleh palayanan dari RRI," katanya.

Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) NTB Budi Cahyono, menilai jalan sehat tersebut merupakan motivasi yang sangat besar bagi penyandang disabilitas untuk hadir dan berkarya.

Menurut dia, jika semua pihak tidak mendukung, maka para penyandang disabilitas tidak akan bisa menyelenggarakan berbagai kegiatan.

"Disabilitas itu tidak bisa menyemangati dirinya kalau tanpa disemangati oleh lingkungannya karena lingkungan memiliki dampak yang besar bagi disabilitas," ujarnya.

Kegiatan jalan sehat bertema "Menciptakan dunia yang lebih Inklusif dan adil bagi para penyandang disabilitas", tersebut sebagai rangkaian memeriahkan Hari Disabilitas Internasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi NTB. (*)