Gubernur: Qatar Airways Tertarik Buka Rute Lombok

id QATAR LOMBOK

Ketiga maskapai ini sudah ada ketertarikannya, tinggal yang pertama berkomunikasi dengan otoritas kementerian perhubungan
Mataram (Antara NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi mengatakan maskapai asal Timur Tengah Qatar Airways tertarik untuk membuka rute penerbangan ke Lombok.

"Duta Besar Qatar, menyampaikan ketertarikan maskapai Qatar Airways untuk membuka rute penerbangan langsung," kata Zainul Majdi di Mataram.

Gubernur menuturkan ketertarikan Qatar Airways tersebut, sebagaimana yang dilakukan maskapai asal Timur Tengah lainnya, seperti Emirates, dan Etihad Airways.

"Ketiga maskapai ini sudah ada ketertarikannya, tinggal yang pertama berkomunikasi dengan otoritas kementerian perhubungan," ujarnya.

Menurut gubernur, saat bertemu dan melakukan pembicaraan dengan Duta Besar Qatar untuk Indonesia Ahmed Jassim Al-Hamar, pihak Qatar ingin tahu data lebih detail potensi pertumbuhan wisatawan datang ke Lombok dan berapa orang yang ke luar negeri dari Lombok.

Hal lain yang juga ditanyakan Dubes Qatar, sambung gubernur, yakni data pelaksanaan umroh dari tahun ke tahun melalui Lombok seperti apa peningkatannya. Tidak hanya itu, perdagangan NTB dengan luar negeri pun, mulai ekspor import yang melalui udara juga menjadi perhatian pihak Qatar.

"Jadi data-data kuantitatif seperti itu mereka perlukan," terang gubernur.

Sebelumnya, 10 duta besar dari sejumlah negara di kawasan Timur Tengah untuk Indonesia mengunjungi Provinsi NTB. Dalam kunjungannya itu, 10 duta besar ini di terima Gubernur NTB.

Kedatangan para duta besar negara Timur Tengah itu, dalam rangka menghadiri acara bertajuk "Familirization Trip For Ambassadors Of Middle East Countries, Promoting Cooperation in the Field Of Trade, Tourism and Investment". Acara ini difasiitasi Kementerian Luer Negeri.

Sepuluh duta besar Timur Tengah itu di antaranya, Osama Mohammad Abdullah Al-Shuibi Duta Besar Saudi Arabia, Sayyid Nazar bin Al-Julanda bin Majid Al Said Duta Besar Oman, Mourad Belhassen Duta Besar Tunisia, Mohamed Majdi Duta Besar Maroko.

Selanjutnya, Ahmed Jassim Al-Hamar Duta Besar Qatar, Yasser Al Haddad Duta Besar Bahrain, Sadegh MO Bensadegh Duta Besar Libya, Mohamed Ali Saleh Al Najar Duta Besar Yaman, Abdullah Hassan Salih Duta Besar Irak, Amr Moawad Duta Besar Egypt.

Para duta besar dari Timu Tengah ini didampingi M Adhi Prakoso Dipo Perwakilan International Development Bank (IDB) dam Nurul Aulia Duta Besar Indonesia untuk Timur Tengah. (*)