Lombok Barat Siap Jadi Pusat Informasi Penyu

id Lobar Penyu

Lombok Barat Siap Jadi Pusat Informasi Penyu

Sebanyak 100 ekor tukik (anak penyu) dilepasliarkan di pantai Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat, NTB. (Foto ANTARA NTB/Awaludin)

"Kami siap mendukung Lombok Barat dijadikan sebagai Pusat Informasi Penyu, tidak hanya di Indonesia tapi dunia"
Lombok Barat (Antara NTB) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menyatakan kesiapannya menjadi Pusat Informasi Penyu di Indonesia karena memiliki kawasan konservasi dan empat spesies.

"Kami siap mendukung Lombok Barat dijadikan sebagai Pusat Informasi Penyu, tidak hanya di Indonesia tapi dunia," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Barat H Muhammad Taufik, di Lombok Barat, Jumat.

Hal itu dikatakan pada acara penetapan Kawasan Ekosistem Esensial Koridor Penyu dan pelepasan 100 ekor tukik (anak penyu) di Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat.

Taufik mengatakan, pihaknya siap menyediakan lahan yang diminta oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai Pusat Informasi Penyu.

"Tinggal berapa meter persegi yang diperlukan, pemerintah daerah punya tanggung jawab untuk itu," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, KLHK Antung Deddy Radiansyah, mengatakan Pemkab Lombok Barat perlu menyiapkan lahan dan sumber daya manusia untuk mendukung terwujudnya Pusat Informasi Penyu.

Kementerian LHK akan memberikan dukungan dan fasilitasi terkait dengan pola pengelolaan Pusat Informasi Penyu tersebut.

"Saat ini, kami sedang menjajaki seperti apa pengelolaannya. Bisa nanti dengan pola kemitraan. Nanti Pusat Informasi Penyu tersebut menjadi kekayaan daerah," katanya.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB Widada, menyebutkan dari enam spesies penyu di Indonesia, empat di antaranya ada di Lombok Barat, yakni penyu sisik, penyu lekang, penyu hijau, dan penyu tempayan. Hanya penyu belimbing dan penyu pipih yang tidak ada.

Pantai-pantai pendaratan penyu untuk bertelur yang ada di Lombok Barat, antara lain di Desa Senggigi, Kecamatan Batulayar, Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi. Selain itu, Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, pantai Buwun Mas, Gili Nanggu, dan Gili Gede, Kecamatan Sekotong.

Ia menambahkan, kawasan konservasi perairan untuk penyu yang ada di Lombok Barat, mencapai 27.137 hektare.

"Potensi tersebut yang menjadi pertimbangan untuk membangun Pusat Informasi Penyu di Lombok Barat, dan itu bisa menjadi kawasan ekowisata penyu selain pantai," ujarnya. (*)