1.362 KK Terima Bantuan Sambungan Air Bersih

Pewarta : id BANTUAN AIR BERSIH

Mataram (Antara NTB) - Sebanyak 1.362 kepala keluarga di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menerima bantuan sambungan air bersih gratis dari pemerintah kota.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Mataram H Mahmuddin Tura di Mataram, Rabu, mengatakan sebanyak 1.362 kepala keluarga (KK) tersebut tersebar di enam kecamatan.

"Anggaran yang kita siapkan untuk pelaksanaan program sambungan air bersih gratis ini sebesar Rp2,2 miliar lebih, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017," katanya.

Mahmuddin yang didampingi Kepala Bidang Cipta Karya Lale Widiahning mengatakan asumsi biaya sambungan satu meter air bersih Rp1,6 juta.

Jumlah sambungan air bersih gratis tahun 2017 meningkat dibandingkan dengan tahun 2016 sebanyak 308 sambungan dengan anggaran Rp508 juta.

Peningkatan sasaran sambungan air bersih tahun 2017 sebagai salah satu upaya mencapai target program 100-0-100 pada tahun 2019 dan program itu di luar program serupa dari PDAM Giri Menang Mataram.

"100 persen air bersih, nol persen rumah kumuh dan 100 persen sanitasi layak," ujarnya.

Pemasangan sambungan air bersih tersebut akan bekerja sama dengan PDAM Giri Menang Mataram.

Proses pendataan sudah dilaksankan sejak akhir tahun 2016 dengan melibatkan tim dari aparat kelurahan dan lingkungan dan 1.362 sasaran yang sudah terdata dinilai layak.

"Sasaran sambungan air bersih gratis adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bukan hanya masyarakat miskin," katanya.

Pasalnya, setelah pemerintah memberikan program sambungan air bersih, sasaran harus siap membayar biaya pengguanan air setiap bulannya.

"Pemerintah kota hanya membantu sambungan air bersih untuk pemasangan meter, sementara biaya penggunaan ditanggung penerima bantuan," katanya. (*)
Editor: Nur Imansyah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar