BUMN Serahkan Bantuan Rp2,49 Miliar ke Sembalun

id Menteri BUMN

BUMN Serahkan Bantuan Rp2,49 Miliar ke Sembalun

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah), bersama dengan para petani penerima bantuan di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB. (Foto ANTARA NTB/ist)

"BUMN akan terus memberikan dukungan bagi para petani agar bersemangat lagi mengembangkan bawang putih"
Lombok Timur (Antara NTB) - Badan Usaha Milik Negara memberikan bantuan senilai Rp2,49 miliar yang bersumber dari program tanggung jawab sosial perusahaan dalam rangka mengembalikan kejayaan petani bawang putih di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur, Rabu.

Menteri BUMN Rini Soemarno, mengatakan Kabupaten Lombok Timur, khususnya daerah Sembalun memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan menjadi sentra bawang putih.

"Namun dewasa ini potensi Sembalun tertutup oleh berubahnya fungsi lahan pertanian dari bawang putih ke komoditas yang dianggap lebih menjanjikan oleh masyarakat setempat," katanya.

Saat ini, kata dia, tingkat konsumsi bawang putih di Indonesia, mencapai 400.000 ton per tahun.

Dengan luas lahan pertanian bawang putih saat ini seluas 2.563 hektare, produksi bawang putih baru 20.295 ton per tahun.

Dengan demikian, lanjut Rini, kapasitas produksi bawang putih dalam negeri belum mengimbangi tingkat konsumsi masyarakat.

"Untuk itulah Kementerian BUMN bersinergi dengan Kementerian Pertanian, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dalam rangka mendorong dan membangun kejayaan Sembalun menjadi sentra bawang putih nasional," katanya.

Bantuan senilai Rp2,49 miliar tersebut bersumber dari dana program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sejumlah BUMN, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pupuk Indonesia, Angkasa Pura II, Sang Hyang Seri, Bulog dan Pertani.

Jenis bantuan yang diberikan berupa bantuan pembuatan sumur bor dan sepeda motor roda 3 dari PT BNI sebanyak 5 Unit. Selain itu, bantuan sepeda motor roda 3 dari PT Pupuk Indonesia sebanyak 5 Unit, serta penyerahan dan demo kartu tani dari PT BRI.

Ada juga bantuan renovasi rumah dinas guru SDN 03 Sembalun Bumbung oleh PT BRI. Selain itu, renovasi kelas SDN 02 Sembalun Bumbung oleh PT Bank Mandiri, dan taman bacaan di SDN 03 dan SDN 03 Sembalun Bumbung oleh Perum Jamkrindo. Seluruhnya pembangunannya sudah rampung dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan kepada petani di Kabupaten Lombok Timur, berupa cultivator sebanyak 20 Unit, traktor besar roda 4 sebanyak 2 unit, traktor roda 2 sebanyak 10 unit, dan pompa air sebanyak 16 unit.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan Kementerian Perdagangan juga menyerahkan bantuan kepada para petani.

"BUMN akan terus memberikan dukungan bagi para petani agar bersemangat lagi mengembangkan bawang putih. BUMN juga bersinergi dengan Kementan dan Kementerian Desa untuk mengembalikan kejayaan Sembalun," katanya. (*)